Hindari Ini Jika Anda ke Jepang

| | 0 comments



Anda sekalian pasti sudah pernah mendengar peribahasa "Di mana bumi di pijak, di sana langit di junjung". Peribahasa ini harus selalu anda ingat jika berkunjung ke suatu daerah atau negara. Terutama negara Jepang yang memiliki beberapa kebiasaan yang harus di hormati. Berikut beberapa tindakan yang jangan anda lakukan jika berkunjung ke negara Jepang :

Jangan pernah lupa menambahkan kata "San", di belakang nama seseorang, karena tidak sopan jika memanggil seseorang tanpa tambahan kata "San" ini. Jangan juga menggunakan kata "Anata" (kamu) ketika sedang berbicara dengan orang lain, tetapi langsung panggil saja namanya saja.

Ketika sedang makan jangan pernah menambahkan kecap pada nasi putih, karena hal ini dianggap tidak sopan oleh orang Jepang. Selain itu, mengangkat mangkok ketika makan nasi atau mie, dan mengeluarkan suara ketika sedang makan mie, dianggap hal yang wajar oleh orang Jepang, dan jangan pernah menyisakan makanan ketika sedang makan.

Jika menggunakan sumpit, jangan pernah menaruhnya dengan posisi tertancap di nasi, dan jangan pernah memindahkan makanan langsung dari sumpit ke sumpit dengan orang lain, karena mengingatkan dengan penggunaan sumpit pada upacara kematian, dan jangan menjilat sumpitmu seenak apapun makanan yang kamu makan.

Jangan menelepon ketika sedang berada di dalam kereta! Bahkan jika kamu duduk di dekat priority seat (kursi khusus untuk orang tua, penyandang cacat, ibu hamil, dan ibu yang membawa anak-anak), kamu harus mematikan dering telepon genggammu. Menelepon di kereta akan mengganggu orang-orang di sekitarmu, orang-orang dalam kereta, sedangkan mematikan dering telepon genggam jika berada di dekat priority seat bertujuan agar orang tua atau penyandang sakit jantung yang duduk di priority seat tidak kambuh sakit jantungnya karena kaget mendengar telepon genggammu berbunyi tiba-tiba.

Jangan pernah memberi tip di Jepang! Memberi tip di rumah makan atau restoran bahkan dianggap sebagai penghinaan.

Jangan marah ketika kamu sedang berdiri tiba-tiba ada yang mendorongmu. Itu artinya kamu berdiri di tengah jalan dan menghalangi jalan orang lain. Segeralah menyingkir.Jangan berdiri sembarangan ketika sedang menaiki escalator! Orang jepang punya aturan tidak tertulis tentang ini. Jika kamu sedang berada di daerah Tokyo, escalator sebelah kanan adalah untuk orang yang santai, sedangkan sebelah kiri untuk orang yang buru2 (naik escalator sambil berjalan), sedangkan di Osaka berlaku sebaliknya.

Ketika kamu sedang menghadiri sebuah acara “Nomikai” atau Japanese drinking party, jangan pernah minum bir di gelasmu duluan. Tunggu samapi seseorang menyampaikan kata-kata pembukaan lalu setelah berkata “kampai” bersama-sama yang lain barulah boleh minum bir di gelasmu.

Jangan pernah terlambat!! Ini hal terpenting yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapat penilaian yang baik dari orang Jepang. Mereka paling tidak suka menunggu orang yang tidak tepat waktu. Jika kamu dengan sangat terpaksa terlambat, teleponlah mereka, jelaskan alasanmu mengapa bisa sampai terlambat, dan sebutkan berapa lama kamu akan terlambat.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Twitter Facebook Dribbble Tumblr Last FM Flickr Behance